Senin, 19 Februari 2018

Teladan : Integritas Bapak Hoegeng



Semangat pagi,

Masih ingat dengan kegiatan menyimak? Kali ini kita akan kembali menggunakan keterampilan berbahasa menyimak. Yang akan kita simak kali ini adalah bahan pustaka Tali Integritas dalam bentuk audio, bisa didapatkan dengan cara mengunduh disini.

Menyimak merupakan suatu proses, yaitu mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan serta memahami makna komunikasi yang telah disampaikan oleh pembicara melalui ujaran atau bahasa lisan (Tarigan, 1987). Menyimak sebagai suatu proses terdiri dari 5 tahapan, yaitu : mendengar, memahami, menginterpretasi, mengevaluasi dan menanggapi (Morris, 1964).

Ada beberapa faktor yang menentukan keberhasilan menyimak, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal, terdiri dari faktor fisik, psikologis, pengalaman, jenis kelamin dan peranan penyimak. Faktor eksternal, terdiri dari faktor pebicara, pembicaraan dan situasi. Faktor psikologis yang dapat mempengaruhi keberhasilan menyimak diantaranya prasangka dan kurangnya simpati terhadap pembicara, keegosentrisan dan keasyikan terhadap minat pribadi, kepicikan, serta kebosanan dan kejenuhan. Faktor keberhasilan tersebut dapat dilatih dengan menerapkan strategi, sebagai berikut : menyimak ulang ucap, mengidentifikasi kata kunci, membuat parafrase, merangkum dan menjawab pertanyaan.

Sekarang mari kita mempraktekan menyimak kritis non ilmiah pada pustaka audio berjudul : Hoegeng Imam Santoso : Pantang Menerima Pemberian karena Jabatan dengan mengerjakan project berikut. Dengan mengerjakan project ini kita akan mendapatkan manfaat, yaitu : mendapatkan, menganalisis, mengevaluasi fakta mengenai tokoh integritas, mendapatkan inspirasi dari tokoh integritas, serta meningkatkan kemampuan berbicara. Materi ini dapat diunduh dalam bentuk pdf disini.

Project.
  • ·         Unduh bahan pustaka Tali Integritas audio disini.
  •            Dengarkan bahan pustaka tersebut dengan penuh konsentrasi. 
  •          Identifikasi ada berapa fragmen wacana tersebut dan hal-hal penting apa saja yang terkandung didalamnya. 
  •        Interpretasikan dan pahami hal-hal yang terkandung dalam tiap fragmen, nilai-nilai integritas apa yang bisa kita teladani?. 
  •     Berikan penilaian mengenai nilai-nilai integritas yang bisa kita teladani dari kisah tersebut dengan mencari relevansinya dengan kehidupan kita saat ini. 
  •         Uji relevansi yang kita temukan dengan menjawab pertanyaan : “apa sebab dan mengapa nilai-nilai integritas tersebut sehingga tetap relevan dengan kehidupan saat ini?”. 
  •   Tulis hasil project tersebut dalam bentuk essai dan kirim melalui email ke mataharipagimail@gmail.com. Tulisan dibuat pada file word (.doc atau .docx)



Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"bersinar bersama dan menyinari kebersamaan"