Sabtu, 22 September 2018

Tahukah Kamu Mengenai Penemuan Fosil Di Pantai Bibongri?



Pada bulan Oktober 2004, di pantai Bibongri Korea Selatan ditemukan sekitar 150 buah fosil dinosaurus dan 17 sarang dinosaurus. Yang ditemukan berupa bentuk sempurna dari fosil tulang dinosaurus dan fosil sarang telur dinosaurus. Usia anak dinosaurus sekitar 1 tahun, hidup di era Cretaceous sekitar 80 juta tahun yang lalu, diperkirakan termasuk kelompok Hadrosaurus.

Era Cretaceous atau periode kapur adalah salah satu periode pada skala waktu geologi yang bermula pada akhir periode Jura dan berlangsung hingga awal Paleosen atau sekitar 145.5 ± 4.0 hingga 65.5 ± 0.3 juta tahun yang lalu. Periode ini merupakan periode geologi yang paling lama dan mencakup hampir setengah dari era Mesozoikum. Akhir periode ini menandai batas antara Mesozoikum dan Kenozoikum.

Periode ini ditandai sebagai suatu periode terpisah pertama kali oleh ahli geologi Belgia, Jean d'Omalius d'Halloy, pada tahun 1822 dengan menggunakan stratum di Basin Paris dan mendapat namanya berdasarkan banyaknya lapisan kapur (kalsium karbonat yang terbentuk oleh cangkang invertebrata laut, terutama coccolith) yang ditemukan pada periode Kapur Akhir di Eropa daratan dan Kepulauan Britania.

Sedangkan Hadrosaurus merupakan jenis dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan.

Sumber :
Why? Fosil oleh Kwang-Wong Lee, penerbit : PT Elex Media Kumpotindo.
https://id.wikipedia.org/wiki/Kapur_(periode)
Foto : google search images

Mari berdiskusi di Kelas Literasi.
Daftar disini

Kontak :
WA. 0815-4683-3404.
Email mataharipagimail@gmail.com

Bukan hanya membaca.
Tidak sekadar menulis.
Bersinar seperti Matahari Pagi : Bersinar Bersama dan Menyinari Kebersamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"bersinar bersama dan menyinari kebersamaan"