Minggu, 28 Oktober 2018

MENULIS RESENSI



Kata resensi merupakan serapan dari bahasa Belanda, yaitu recensie. Kata tersebut berasal dari kata kerja Latin, yakni recensere. Kata tersebut terdiri dari prefiks re dan kata censere. Prefiks re berarti ‘lagi’ atau ‘sekali lagi’. Sedangkan censere berarti ‘menaksir’, ‘menimbang’, atau ‘menilai’. Jadi, recensere berarti ‘menimbang-nimbang’ atau ‘menilai (lagi)’. Arti ini sepadan maknanya dengan ‘menghakimi’, ‘mengadili’ (Kusumah dkk, 2008).

Meresensi berarti menanyakan manfaat karya yang dapat dipetik bagi perkembangan pribadi pembaca maupun masyarakatnya. Penulis resensi harus menyampaikan dua lapis penilaian/pertimbangan, yaitu : nilai literer dan manfaat untuk hidup. Tujuan membuat resensi adalah : ungkapan penhayatan terhadap sebuah buku, menyingkap pesona buku sehingga menambah ruhnya, dan mengapresiasi kebutuhan masyarakat terhadap buku tersebut. Resensi dapat dilakukan terhadap karya fiksi maupun non-fiksi.

Seperti pada proses menulis pada umumnya, menulis resensi juga terdiri dari tahap pra-tulis, penulisan, dan pasca-tulis. Pada tahap pra-tulis, kita dapat memilih buku yang akan diresensi. Kemudian kita deskripsikan buku tersebut berdasarkan pengindraan, penalaran, dan penikmatan bahasa. Hal-hal yang dideskripsikan, meliputi : jenis buku, topik, bahasan khusus dalam buku, tujuan penulisan, tesis atau tema yang diajukan, metode penulisan atau alur cerita, nada tau sikap penulis buku tersebut terhadap topik dan pembaca, suasana yang diciptakan (tema dan gaya pengungkapan), latar belakang penulis buku, dan ringkasan isi buku.

Pada tahap penulisan, tinjauan yang sudah dirumuskan pada deskripsi diekspresikan kedalam tulisan. Adapun strukturnya terdiri dari : pembuka, ringkasan, tanggapan, dan kesimpulan. Pada pembuka diinformasikan jenis buku, mengenai identitas buku tersebut, kebutuhan masyarakat terhadap topik yang disajikan, sasaran pembaca, riwayat hidup dan reputasi penulis buku, serta perbandingan dengan buku sejenis. Pada bagian ringkasan disajikan tujuan penulisan buku, tema buku, intisari isi buku, serta sikap pengarang terhadap topik dan pembaca berikut nadanya. Pada bagian tanggapan disampaikan bagaimana tanggapan penulis resensi dalam membaca buku tersebut, yang meliputi : bahasanya, pengalaman pengindraan, dan pengalaman penalaran. Pada tahap pasca-tulis, penulis resensi dapat mengoreksi dan merevisi bagian-bagian yang diperlukan sehingga dapat diyakini hasilnya telah sempurna.

Ayo kirim resensi kamu untuk dimuat di mataharipagi.online melalui email yang ada pada kontak dibawah. Dapatkan pembahasan intensif dengan cara mendaftar pada tautan pendaftaran.


KELAS LITERASI
Pendaftaran disini. 

Kontak :
WA. 0815-4683-3404
Email. mataharipagimail@gmail.com

Media sosial :
FP. @mataharipagi.online
IG. @mataharipagi.online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"bersinar bersama dan menyinari kebersamaan"