Minggu, 28 Oktober 2018

MENULIS ARTIKEL



Artikel adalah karya jurnalistik berupa tulisan yang berisi pendapat (opini), gagasan (ide), pemikiran, serta fakta (Romli, 2005). Tujuannya untuk memberi tahu (informatif), mempengaruhi (persuasif), meyakinkan (argumentatif), atau menghibur (rekreatif) pembaca (Sumadiria, 2005). Sehingga artikel memiliki sifat : faktual, berisi gagasan dan fakta, meyakinkan, mendidik, memecahkan masalah, dan menghibur.

Anatomi atau komposisi artikel terdiri dari : judul (head), nama penulis (by line), pendahuluan (intro), uraian sebagai isi (body), dan penutup (ending) berupa kesimpulan, ajakan, atau pernyataan tanpa jawaban. Ragam artikel terdiri dari : artikel praktis, artikel ringan, artikel opini, dan artikel analisis.

Tahapan menulis artikel terdiri dari pra-tulis, penulisan, dan pasca-tulis. Pada tahap pra-tulis dilakukan penggalian dan pengujian ide, serta mengumpulkan referensi. Ide dapat diuji melalui : seberapa aktual ide tersebut? Apa kegunaannya? Apakah pengetahuan dan referensi yang dimiliki dapat menunjang ide tersebut? Apakah kita memiliki sudut pandang lain (angle) jika ide tersebut pernah ditulis orang lain? Media apa yang sesuai untuk memuat artikel tersebut?.

Selanjutnya, menulislah. Biarkan ide tersebut mengalir. Tips untuk penulisan intro dapat dimuali dengan cara : mengutip berita, mengemukakan pepatah, memberi ungkapan, menyampaikan pendapat seseorang, atau mendeskripsikan suasana. Kemudian, rangkaikan intro dengan identifikasi masalah.

Terakhir, yang perlu dilakukan pada tahap pasca-penulisan adalah membaca kembali tulisan secara bottom-up untuk mendeteksi jika ada kesalahan (baik secara substansi, bahasa, maupun struktur), revisi kembali kesalahan yang ditemukan (dengan cara menambah, menghilangkan, atau mengubah), pertimbangkan kembali anatomi/komposisi artikel yang telah kita tulis, dan sempurnakan.

Ayo kirim artikel kamu untuk dimuat di mataharipagi.online melalui email yang ada pada kontak dibawah. Dapatkan pembahasan intensif dengan cara mendaftar pada tautan pendaftaran.


KELAS LITERASI
Pendaftaran disini

Kontak :
WA. 0815-4683-3404
Email. mataharipagimail@gmail.com

Media sosial :
FP. @mataharipagi.online
IG. @mataharipagi.online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"bersinar bersama dan menyinari kebersamaan"