Rabu, 01 November 2017

Mewarnai sebagai Terapi



Awalnya  mewarnai bagi saya merupakan terapi, kegiatan terpola untuk menstabilkan emosi juga melatih pemikiran agar fokus terhadap penyelesaian masalah, lho kok bisa? Ya.. bagi orang yang cenderung obsesif, ketika memiliki sebuah keinginan itu cenderung silap pada proses, yang ada dalam benaknya adalah mewujudkan impian dalam sekejap mata, seolah memiliki mantra ajaib, jadilah hilap bahwa sejatinya setiap harapan harus diwujudkan setahap demi setahap, ibaratnya membangun rumah; pasang pondasi dulu supaya kuat, pasang bata, dan bla, bla ,bla lainnya sampai mewujud sebuah bangunan. Itulah yang dimaksud terapi melalui media mewarnai agar fokus menyelesaikan sasaran demi sasaran.

Disamping merupakan terapi, ternyata media mewarnai juga bisa dipakai untuk merangsang imajinasi juga menamkan values. Mewarnai ilustrasi puisi Hujan Bulan Juni karya Sapardi Joko Damono sama halnya dengan menuangkan penghayatan dan pemaknaan kita dalam gradasi warna, imajinasi terasah pemaknaanya pun menjadi berlapis.

Lalu values apa yang bisa ditanamkan? Mewarnai juga merupakan sarana dalam melatih kesabaran, ketika sedang mewarnai pohon dalam ilustrasi di atas, tiba-tiba muncul keinginan untuk mewarnai awan, nah kalau diikuti maunya tersebut, apa yang tercermin? Sikap mancla-mencle alias tidak fokus, teruskan saja, niscahya mimpimu pergi menjauh.

Dalam mewarnai kita juga butuh perencanaan dan strategi, tahap pertama mau mewarnai awan dengan teknik arsiran Lalu warnanya dari tua ke muda, tahap kedua warnai pohonnya, tahap ketiga ….. terus dan terus. Kegiatan yang seolah tiada guna ini ternyata adalah media pelatihan yang sangat luar biasa, bukan sekedar me time saja namun ternyata memberikan spririt lebih untuk tumbuh dan bekembang menuju kematangan hidup.



Hazar Widiya Sarah. Pengasuh Rubrik Rambu Jalan, Penulis, Konselor, Guru Bahasa Indonesia di salah satu SMA Swasta, Co-founder Komunitas Matahari Pagi, Pengelola Aris Munandar Library, Chief of Editor Penerbit Matahari Pagi, Mentor Kelas Literasi Matahari Pagi, Kontributor Tetap www.mataharipagi.tk, Komisaris CV Matahari Pagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"bersinar bersama dan menyinari kebersamaan"