Rabu, 17 Januari 2018

METAMORFOSA KELAS MATAHARI PAGI



Apa perbedaan Kelas Literasi 2017 dengan Kelas Integritas 2018? Sebenarnya keduanya entitas yang sama. Resminya bernama Kelas Matahari Pagi. Kelas Matahari Pagi merupakan wahana bagi terjadinya proses pembentukan pengentahuan dalam konsep yang kami usung. Tema besar yang kami tawarkan adalah penguatan fondasi kebahasaan. Untuk itu, pada tahun 2017 Kelas Matahari Pagi kami perkenalkan dengan nama kelas literasi. Hal tersebut dimaksudkan agar terlihat adanya kesesuaian dengan tema yang kami usung. 

Kenapa kita harus memperkuat fondasi kebahasaan kita? Pertanyaan sama juga, kenapa minat baca kita rendah? Kedua pertanyaan tersebut konteksnya sama, yaitu kita perlu meningkatkan kualitas kebahasaan kita. Kenapa kualitas kebahasaan kita perlu ditingkatkan? Karena sebenarnya keterampilan berbahasa, terdiri dari menyimak, membaca, menulis dan berbicara merupakan satu kesatuan. Namun banyak fenomena yang sering kita temui dalam keseharian, banyak orang yang pandai berbicara tapi kesulitan ketika harus menulis. Atau sebaliknya, ada orang yang terampil menulis namun kurang lancar ketika berbicara. Fenomena-fenomena tersebut terjadi dikarenakan kita masih memperlakukan 4 elemen kebahasaan tersebut secara parsial. Kita belum mengkonstruksikannya sebagai konsep problem solving. Karenanya, sering informasi yang kita tangkap ketika berkomunikasi (baik secara verbal maupun tekstual) tidak utuh. Supaya menangkap informasi yang utuh ketika kita berkomunikasi, maka kita memerlukan deep understanding.

Deep understanding adalah kemampuan menangkap hubungan-hubungan yang kompleks dalam sebuah konsep. Artinya, kita dituntut untuk berpikir kritis, logis, fleksibel dan kreatif ketika berhadapan dengan suatu wacana. Tanpa adanya fondasi kebahasaan yang kuat, maka hal tersebut tidak dimungkinkan. Akibatnya, hoax menjadi ancaman yang menakutkan dan meracuni kehidupan kita. Dalam konteks ini, integritas menjadi salah satu jawaban atas dampak negatif dari pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini.

Sementara itu, kita juga memahami jika kebahasaan (linguistik) merupakan salah satu aspek kecerdasan. Kami anggap jika kecerdasan linguistik sebagai pintu gerbang untuk dapat mengeksplorasi aspek-aspek kecerdasan lainnya. Disinilah bertumbuknya antara kecerdasan dengan karakter. Keduanya bertemu pada titik literasi. Ki Hajar Dewantara telah meletakan filosofi pendidikan karakter, yaitu : olah pikir (literasi), olah raga (kinestetik), dan olah karsa (estetika). Artinya, dengan memperkuat fondasi kebahasaan sama dengan kita memperkuat karakter. Jika sudah berbicara kecerdasan dan karakter, maka belum paripurna jika kita tidak membahas integritas.

Integritas adalah keutuhan pikiran, wacana dan perilaku yang memancarkan kecerdasan dan karakter. Untuk itu pada tahun 2018, kami ingin penguatan fondasi kebahasaan tidak hanya membentuk kecerdasan dan karakter saja, tetapi juga bisa membangun integritas.  Maka terwujudlah kelas integritas yang merupakan transformasi dari Kelas Matahari Pagi setelah kami mengadopsi Program Tali Integritas kedalam konsep kami sebelumnya.


Aris Munandar. Pegiat di Komunitas Matahari Pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"bersinar bersama dan menyinari kebersamaan"