Senin, 05 Februari 2018

THE DANIAH WAY





The Daniah Way seperti yang sudah diungkap dalam artikel sebelumnya merupakan istilah yang digunakan untuk menamai bagaimana kami mendidik supaya dia bisa menjalani hidupnya, dalam perjalanannya The Daniah Way sudah beberapa kali berganti format, ini karena kami berupaya untuk mengevaluasi dan merevisi pendekatan yang digunakan dalam rangka memenuhi kebutuhannya.

Kami telah sepakat untuk bertanggung jawab sendiri atas pendidikan anak kami, yang artinya kami akan terlibat aktif dalam penyelenggaraan pendidikannya. Tentu saja dalam prosesnya akan lebih fleksibel, ada kegiatan yang diselenggarakan sendiri di rumah atau menggunakan infrastruktur yang sudah ada di masyarakat misalnya; kursus, club, bimbel, guru privat. Kendati demikian kami sebagai orangtua merupakan pengambil keputusan utama, sehingga kami tidak hanya menitipkan anak pada Lembaga tertentu namun juga bertanggung jawab.

Mengapa kami memilih jalur homeschooling untuk mendidik anak? Kami percaya bahwa belajar bukan hanya menggudangkan ilmu ke otak namun lebih jauh mengaplikasikannya dalam kehidupan “long life education”, tempat dan waktunya pun tidak harus kaku. Bagi kami sekolah (formal) maupun homeschooling (informal) adalah alat untuk meraih tujuan Pendidikan, jadi konteksnya bukan lagi mana yang lebih baik, melainkan mana yang lebih pas dengan kebutuhan anak kita, dan dengan melihat kebutuhan anak maka kami memilih jalur informal untuk mendukung tumbuh kembang baik secara fisik maupun psikisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"bersinar bersama dan menyinari kebersamaan"