Rabu, 27 Maret 2019

Gerakan Literasi Menebar Empati: Berbagi Nasi dari Bojongsoang sampai Gunung Puntang



Komunitas Berbagi Matahari (K-BM) sebagai jaringan silaturahim relawan dan donatur di Kabupaten Bandung terus menjaring simpul dan menebar manfaat ke berbagai tempat atau simpul baru. Setelah Andir, Cikarees, Bolero, Cangkring, Manggahang, Cipicung dan Baleendah sebagai basecamp, tim relawan menebar hingga ke wilayah Gunung Puntang.


Jaringan silaturahim yang tidak membatasi pada kelompok atau kepentingan tertentu membuat K-BM diterima di berbagai komunitas. K-BM bahkan terbuka untuk komunitas bernama dan tak bernama yang ingin bergabung dalam K-BM. Atau komunitas yang ingin bergerak dengan tujuan yang sama, menebar virus berbagi. Termasuk Taman Baca Masyarakat (TBM) Sehati yang tadi siang ikut andil dalam distribusi nasi bungkus untuk kaum dhuafa, difabel, manula dan anak yatim.


Tampak Mang Yayat dan pengelola TBM Sehati membagikan nasi bungkus donasi dari berbagai simpul donatur. Ada yang dari Cibiru dan donatur dari sekitar Baleendah. Semoga para donatur diberi rezeki yg berlipat, kesehatan buat para relawan K-BM dan manfaat buat penerima. Aamiin


Selain desa pasir huni dan kampung binaan Jomblo, Puntang, K-BM juga menyasar ke panti yatim di bojongsoang dan panti jompo di Manggahang. Panti yang dihuni puluhan anak yatim dan 13 orang tua jompo ini menerima kedatangan Umi Dina, Uni Hadiati Surya dan saya dengan antusias. Sayangnya, sebagian sudah pikun atau hanya di kamar saja. Tercium bau pesing, tapi tak mengapa. Senang melihat para lansia ingin berfoto dan bersalaman. Semoga mereka terus diberi kesehatan dan kenyamanan di panti ini.  (Yus Ponto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"bersinar bersama dan menyinari kebersamaan"